Tuesday, September 27, 2016

Solusi Terjitu Mengatasi Oppo R2001 Matot Getar




Percaya atau tidak setiap kali anda melakukan flashing via scatter pada handphone ini kebanyakan hasilnya adalah mati total. Bahkan beberapa kasus tertentu ketika dinyalakan response handphone tersebut malah hanya bergetar secara terus menerus.
Bagi sebagian orang awam melakukan flashing tanpa backup kebanyakan berujung kepada maut yaitu terjadi kerusakan pada IC EMMC. Mengapa bisa terjadi demikian?

Itu biasanya karena kita menggunakan firmware yang didownload dari hasil orang upload di google yang dimana biasanya file tersebut diambil dari backupan yang tidak full. Backupan yang tidak full itu maksudnya adalah tidak terikut sertanya penulisan file "uboot" atau "userdata" didalam address scatter. Alhasilnya, kalau kita perhatikan setiap kali anda memasukan file scatter, dibagian "uboot" dan "user data" pasti kosong seperti gambar dibawah ini.



Ada teman-teman digoogle mengatakan bahwa kasus seperti ini bisa diatasi dengan cara yaitu kita harus isi file secara manual yaitu pada kolom "uboot" di isi dengan file "LK" dan kolom "userdata" di isi dengan file "user data.zip" yang sudah tersedia difolder firmware tersebut. Tetapi cara ini pernah saya coba untuk beberapa kasus ada yang tidak berhasil. Menurut hasil analisa saya, dengan cara mengisi file manual tersebut memang belum tentu bisa menyelesaikan masalah demikian, karena seperti yang saya katakan bahwa pada dasarnya setiap proses backup firmware yang sudah selesai, address yang ada didalam file scatter itu sifatnya sudah mutlak. Jadi apabila file uboot dan dan file userdata tidak di ikut sertakan dalam backup, maka tidak ada perintah address pada kedua file didalam alamat scatter. Sehingga setiap kali anda memasukan file scatternya maka kedua file tersebut tidak terikut dalam perintah terisi dalam flashtool seperti pada gambar diatas. Dan lebih bahayanya lagi bahwa ketika anda mengisi file LK dan Userdata secara manual dari backupan versi firmware yang berbeda justru malah bisa menimbulkan masalah yang lebih serius yakni terjadi kerusakan pada EMMC. Rusaknya EMMC biasanya bisa kita ketahui bahwa meskipun kita sudah melakukan cara flashing yang benar tapi hasilnya masih sama yaitu matot bergetar sekalipun kita punya file backupannya ketika direstore ulang tetap masih sama.Untuk itu, khusus untuk type yang satu ini bagi yang mengalami kasus awal seperti stuck logo sangat tidak di anjurkan untuk langsung mengeksekusi via flashtool. Anda bisa coba menggunakan update via recovery dengan stokrom terlebih dahulu. Buat yang sudah terlanjur menghadapi masalah diatas saya ingin hanya coba bantu membagikan file yang bisa anda download pada di link di bawah. Firmware ini saya pakai setiap kali menghadapi kasus awal seperti bootloop dan selalu tested tanpa menghadapi matot bergetar dan juga pernah menyembuhkan kasus yang sudah terlanjur matot bergetar terlebih juga sebelumnya buat jaga-jaga tetap harus mengandalkan full backup terlebih dahulu.

Saya juga tidak menjamin file yang saya bagikan ini bisa pasti menyembuhkan kasus bagi yang sudah terlanjur matot bergetar dikarenakan mungkin sebelumnya anda pernah mencoba flashing file LK dan userdata yang berbeda seperti yang saya jelaskan diatas sehingga menyebabkan kerusakan pada IC EMMC. Selamat mencoba






FIRMWARE OPPO YOYO (R2001)

Share: