Sunday, February 26, 2017

Tutorial Flashing / Unbrick Smartren Andromax-R I46D1G [TESTED]








Sering sekali ketika kita melakukan proses update via tf update / update via sd card , malah terjadi error ditengah jalan. Alhasil biasanya handphone jadi bootloop , sialnya kadang malah max R nya tidak nyala sama sekali. Tidak ada jalan lain selain harus melakukan proses unbrick. Langsung saja admin memberikan tutorial yang dimana admin coba sendiri dan tested.


Bahan-Bahan :

1.HDD RAW

2.QPST

3.Qualcomm 9008 to 9006

4.Hex Editor

4.RAW Andromax R (BASE RAW)

MUST READ BEFORE FLASH  : Andromax R (BASE RAW) ini adalah RAW hasil backup dari andromax R yang baru unboxing. Jelas bahwa untuk setiap andromax R masing-masing memiliki ID yang berbeda. Artinya, kita tidak bisa sembarang memindahkan backupan max R sehat ke Max R yang rusak secara langsung karena apabila anda LANGSUNG flashing dengan file BASE RAW ini TANPA BACKUP RAW ASLI TERLEBIH DAHULU maka sudah dipastikan MEID dan IMEI anda akan NULL. Meskipun handphone anda SUDAH NORMAL ketika flash menggunakan file BASE RAW ini, tetap di hitung belum sempurna karena ID / IMEI nya yg sudah blank maka anda tidak bisa mengaktifkan jaringan atau kartu sim menjadi tidak bisa terbaca. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kita "sediakan payung sebelelum hujan", artinya sebelum anda flash menggunakan file BASE RAW ini , admin sarankan backup dulu RAW asli dari handphone andromax R anda dalam kondisi apapun , entah dia dalam kondisi softbrick maupun hardbrick tetap harus di backup via HDD RAW terlebih dahulu, karena saat kondisi tersebut, setidaknya MEID DAN IMEINYA nya tetap masih sehat dan itu yang kita perlukan untuk merger lho!!


Langkah-Langkah :



TAHAP KE 1 : BACKUP 

1.Pertama-tama kita akan memaksa andromax R masuk ke mode qualcomm 9008

2.Setelah handphone sudah terbaca menjadi qualcomm 9008 maka selanjutnya kita akan memaksanya lagi masuk ke mode 9006 supaya kita bisa backup dengan hdd raw

3.Buka program eMMC Software Download di program qpst dan perhatikan gambar dibawah






4.Pada point nomor 1 gambar diatas, silahkan anda masukan file sahara di folder "i46d1g" yang sudah anda download diatas

5.Perhatikan pada point ke 2 , jika anda sudah masuk ke mode qualcom 9008 harusnya comport sudah terdetek seperti contoh diatas, bila masih muncul keterangan not available, anda tinggal klik browse dan kita bisa lihat disitu sudah ada keterangan comport usb anda, anda tinggal klik oke, disitu harusnya langsung terdeteksi

NB : bagi yang masih failed, yakinkan bahwa jika pc anda menggunakan win x64 bit, kemudian anda harus "disable signature driver enforcement" secara manual lewat bios di pc anda. (untuk caranya bisa browse di google)

6.Pada point ke 3, silahkan anda ikuti dan isi format tulisannya sesuai gambar diatas ya. (harus sesuai ya, karena kalau beda maka DIJAMIN error)

7.Pada point no 4, hilangkan centang "PROGRAM MMC DEVICE"

8.Pada point no.5 , silahkan centang "search path 2", kemudian anda browse dan arahkan ke folder "i46d1g.v1"

9.Setelah yakin semua sudah ok, silahkan klik download seperti point no 6 diatas, tunggu sejenak, dan akan muncul log dibawahnya. Apabila failed , silahkan restart pc , dan ulangin lagi dari point 1 diatas.

10.Setelah berhasil , yakinkan pada "device and printer / device manager" sudah menjadi terdeteksi dengan nama driver "QSBULK" dan jika anda klik 2 kali maka anda bisa lihat element didalam drivernya sudah terdeteksi sebagai qualcomm 9006

11.Buka HDD RAW, dan perhatikan pada laman source disitu harusnya sudah terdeteksi nama usb "QUALCOMM MMC STORAGE" , klik 2 x dan continue

12.Pada bagian laman target , klik 2 x pada keterangan "double clik to file" kemudian anda arahkan ke drive mana yang ingin disimpan file backupnya, dan jangan lupa ubah format file penyimpanan menjadi "RAW IMAGE (dd image)




13.Setelah klik save, sekarang klik "continue" kemudian pilih "Start"

14.Jika ada muncul pop up , pilih "yes"

15.Proses backup akan berjalan dan tunggu hingga 100 % , jika gagal sekitar 5 % , ulangi lagi sampai berhasil. (terkadang ada yang harus dicoba berkali2)

16.Setelah selesai backup , skr anda sudah memegang titik aman dan selanjutnya kita masuk ke tahap merger (istilahnya seperti FUSION ^^) antara RAW BASE dan raw backup asli supaya ketika diflash hasil nya andromax r anda tidak cacat


TAHAP KE 2 : CEK BACKUP

Sebelum kita masuk ke tahap Merger ID , ada sebaiknya kita ikuti syarat-syarat dibawah ini.

1.Adapun kita harus cek hasil backupan dengan beberapa tahap sebagai berikut ;

- Buka program HEX EDITOR
- Klik "File" dan buka file raw hasil backupan
- Tekan CTRL + G , pada bagian offset isikan "B04400" (Pada bagian option pilih HEX), kemudian klik ok
- Coba lihat hasilnya , pasti ada muncul angka dan huruf seperti gambar dibawah ini (ID sehat).



- Kita lanjut lagi , sama seperti langkah diatas coba isikan lagi dengan offset "C84400" , Nah, disini kita masih bisa lihat angka dan huruf nya lagi ya.





- Lanjut lagi dengan offset "1006600". Nah, coba sekarang anda perhatikan apakah ada MEID yang tersusun terbalik dari kolom 06 ke kolom 00. Anda bisa cocokin kode MEID anda dibelakang sticker pada mesin hp anda.


Angka yang ditampilkan oleh HEX EDITOR seharusnya sama dengan yang ada DI STICKER MESIN , meskipun angka yang tersusun terbalik itu tidak bermasalah, yang terpenting angka yang tersusun sesuai. Tetapi jika angkanya tidak sesuai , atau hanya memunculkan angka nol maka jangan lanjut ke STEP 3.Namun jika sesuai dan ada benarnya maka anda bisa langsung lanjut ke step 3






TAHAP KE 3: MERGER ID


1.Pada tahap ketiga ini , kita akan melakukan copy ID dari raw hasil backup ke raw baru / raw base andromax R. Karena sudah dijelaskan bahwa RAW BASE yang sudah anda download diatas imei dan meid nya addressnya tidak sesuai atau berbeda addressnya , jadi kalau diflash langsung tanpa backup ane jamin Andromax R anda cacat

2.Langsung saja kita merger, pertama-tama buka program "HXD hex editor" yang sudah anda download diatas.

3.Klik file --> open. Pilih file img "RAW BASE"





4.Kemudian, klik open file lagi , tapi sekarang buka file RAW hasil backupan andro R yang rusak tadi ya.

5.Nah , sekarang sudah ada 2 tab yang muncul  , yang sebelah kiri itu bagian BASE RAW , dan yang sebelah kanan itu bagian raw hasil backup anda.



6.Untuk mempermudah , kita split menjadi 2 layar tampilan seperti gambar dibawah ini. Anda bisa klik minimize disebelah pojok kanan untuk split



7.Okay, sekarang fokus ke bagian base raw , tekan CTRL + G , dan masukan kode "B04400"



8.Setelah itu , anda tandai address offset tersebut, kemudian sekarang kita beralih ke tab bagian raw hasil backup yang sebelah kanan. Tekan CTRL + E , kemudian pada bagian "start offset" anda isi dengan "B04400" dan pada bagian "end offset" anda isi dengan "E04210". Kemudian pada bagian option anda pilih "HEX". Setelah itu pilih "OK" maka tanda yang dipilih tadi akan menjadi warna biru




9. Klik edit dan pilih copy

10. Kembali ke tab yang sebelah kiri dan pastikan kursor anda masih di offset "B04400"

11.Sekarang pilih edit dan pilih paste write di offset tersebut , maka address yang diwrite akan menjadi warna merah



12.Masih ditab sebelah kiri , tekan Ctrl + G masukkan offset F06800 option tetap pilih "hex" dan "begin" lalu OK. Biar keliatan jelas offset tsb, silahkan dinaikkan setidaknya sampai 2 baris dari atas.

13.Sekarang masuk ke tab sebelah kanan lagi , tekan CTRL + E , pada bagian start offset anda isi dengan kode "F06800" dan pada bagian end offset anda isi dengan kode "1006610"

14.Klik Edit -> Copy

15.Kemudian masuk ke tab sebelah kanan lagi , paste di offset "F06800"

16.Klik Edit -> Paste Write

Sampai disini, 2 partisi yg bernilai ID max R agan sudah dimerger ke file BASE RAW

17. Klik File -> Save

18. Tunggu proses yg berjalan hingga selesai , Secara dia Save sambil bikin backup.

19. Setelah selesai, Tutup program HxD Hex Editor.

File asli dari BASE RAW akan menjadi berekstensi BAK. Sekarang BASE RAW baru ini adalah RAW BARU yg berhasil di susupin partisi Diag, Modemst1, Modemst2 Max R dari backupan RAW max R yang rusak tadi. Setelah itu anda tinggal flash file baru ini dengan HDD RAW lagi.



TAHAP KE 4 : FLASHING


1.Pastikan MAX R sudah masuk ke mode qualcomm 9006

2.Buka HDD RAW

3.Pilih Source (Double Klik) , Kemudian cari dan pilih RAW BASE yang sudah dimerger tadi ya

4.Setelah itu , pilih target qualcomm MMC Storage 1.00 (7818.18 MB) , Pilih Continue

5.Pastikan tidak ada keliru dalam melihat source dan target ya

6.Setelah itu , klik start dan jika ada notif file akan di overwrite maka klik yes

7.Tunggu proses flashing hingga 100 % ya, dan jika terjadi stuck di 5 % atau di 12 % coba ulangi hingga bisa write sampai 100 %.

NB : Bagi yang mengalami kasus stuck di 5% atau 12 % saat write via hdd , biasanya karena ada proses merger yang salah. Pastikan tidak ada yang terlangkahi pada step no 3 diatas ya.
Selain itu , proses flashing file raw dari hasil backupan max R yang berbeda ID tanpa melalui proses MERGER juga menjadi pemicu terjadinya stuck 5% atau 12 % saat write RAW.

8.Setelah selesai flashing , sekarang hidupkan max R-nya dan harusnya max R sudah sehat dengan IMEI & MEID yang masih utuh.


Artikel diambil dari sumber : https://www.kaskus.co.id/thread/5579570a9a09514f308b4568/official-lounge-smartfren-andromax-r-cdma-goes-4g-lte/112

Sekedar untuk melengkapi, admin hanya sertakan gambar untuk mempermudah agan2 yg masih pemula dan awam memahaminya. Jadi tidak ada unsur kopas-mengopas yo.
Thx To :  dan juga untuk senior2

Mohon maaf sebelumnya apabila ada kekurangan ataupun kesalahan tutorial didalam artikel ini , masukan dari agan akan diterima untuk menutup segala kekurangan pada artikel ini. Bagi teman-teman yang memiliki masukan bisa tinggalkan komentar di bawah ini. Thx
Share: